Wajib Tahu! Ini Jenis Busi NGK Sesuai Peruntukannya


Posted on March 22, 2019 at 17:01 PM

Tags: Editorial



Modcom, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal merek busi NGK? Busi NGK telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sejak hadir pertama kali pada tahun 1978 hingga saat ini. Bahkan tahun lalu tercatat, busi NGK terjual 50 juta pcs, sehingga perkiraan market sharenya mencapai 65 persen.

Dari banyaknya produk NGK yang telah terjual, tahukah Modcomers, ada berapa jenis busi NGK yang dijual di Indonesia? Menurut Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia, busi NGK yang dijual di Indonesia itu ada beberapa jenis. Secara umum, jenis busi NGK dimulai dari busi standar berbahan nikel, G-Power, Iridium, Laser Iridium dan Laser Platinum. Namun secara kategori market ada 7 (Nickel standar, Platinum GPower, Iridium IX, Laser platinum, Laser Iridium, Iri series terbagi menjadi 3 yaitu Iriway, Iritop, Irimac dan Racing competition).

"Kalau fitur dan karateristik ada banyak. Tipenya juga banyak seperti standar plug, V Groove, DFE, 2 ground electrode dan masih banyak lagi," jelas Diko usai kegiatan Coaching Clinic di Pabrik NGK, Jakarta Timur beberapa waktu lalu. 

Karena banyak tipe dan jenis busi NGK yang dijual di Indonesia, ada baiknya kita harus jenis busi sesuai peruntukannya. Dalam hal ini kita bahas busi motor.

1. Nickel standar

Ini adalah jenis busi standar yang dipakai hampir semua motor di Indonesia. Busi ini juga digunakan sebagai standar OEM setiap pabrikan motor. Busi ini diperuntukan pemakaian motor sehari-hari.

2. Platinum G-Power

Jika ingin naik kelas dari busi standar, busi jenis G Power bisa menjadi solusi. Memiliki bahan platinum pada elektroda pusat dan trapesium pada elektroda ground. Fiturnya dan keunggulannya kendaraan jadi mudah saat start, pengapian lebih baik dari tipe standar dan efisiensi bahan bakar. Bisa digunakan semua jenis motor sesuai dengan tipenya.

3. Iridium IX

Memiliki bahan iridium pada elektroda pusat dan taper cut pada elektroda ground. Fiturnya dan keunggulannya sama seperti G-Power namun dengan tambahan teknologi Thermo Edge Design. Dimana teknologi tersebut dapat membersihkan endapan karbon ketika terjadi percikan. Busi ini juga bisa digunakan semua jenis motor sesuai dengan tipenya.

4. Laser platinum

Ini produk kelas atasnya NGK. Biasanya dijadikan standar penggunaan motor sport diatas 250cc atau digunakan untuk motor-motor berkubisakasi besar. Fitur dan keunggulannya sama seperti Iridium IX dengan ditambah daya tahan umur busi lebih panjang. Motor standar dibawah 250cc belum bisa menggunakan busi jenis ini.

Selanjutnya masih ada Laser Iridium, Iri series yang terbagi menjadi 3 yaitu Iriway, Iritop, Irimac, terakhir Racing competition. "Produk-produk tersebut sudah dijual di Indonesia. Namun untuk Iritop, Irimac dan Racing Competition akan kita perkenalkan tahun depan," ungkap Diko.

 

Sumber : http://www.modifikasi.com/showthread.php/658138-Wajib-Tahu-Ini-Jenis-Busi-Ngk-Sesuai-Peruntukannya


I like the post? Like this!



JOIN OUR SOCIAL MEDIA CONVERSATION///

Copyright © 2019 PT. NGK Busi Indonesia. All rights reserved.